Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifan dan
keefisienan fungsi penjualan ekspor PT. Maruki Internasional Indonesia.
Objek penelitian adalah PT. Maruki Internasional Indonesia. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu Model
Analisis Deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan bahwa target volume
penjualan ekspor tahun 2016 mengalami penurunan drastis dibandingkan tahun
2015, namun terjadi kenaikan signifikan pada tahun 2017. Dengan demikian
target volume penjualan ekspor tahun 2016 belum sesuai dengan anggaran yang
direncanakan sebelumnya, sehingga perusahaan masih belum berjalan secara
efektif.
Adanya karyawan yang tidak ditempatkan berdasarkan keahliannya
sehingga menghambat kelancaran dalam pekerjaannya.
Pihak perusahaan tidak melakukan survei kepuasan terhadap konsumen, dimana
hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menentukan pencapaian penjualan
perusahaan.
Realisasi penjualan ekspor pada tahun 2015, 2016, 2017 yang dikeluarkan
perusahaan melebihi dari anggaran yang telah ditentukan oleh manajemen,
sehingga dengan begitu dapat disimpulkan bahwa perusahaan sudah berjalan
secara efisien.
Munculnya beberapa saingan perusahaan yang berada di Jepang dan
memiliki harga produksi relatif yang lebih murah
Temuan-temuan diatas menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa
kelemahan pada sistem pengendalian manajemen yang berlaku pada perusahaan.
Hal ini disebabkan karena masih lemahnya pengukuran atau evaluasi perusahaan
terhadap sistem perencanaan dan pelaksanaan penjualan, khususnya pada
penjualan ekspor.