dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan
menulis karangan narasi dengan menggunakan metode number head
together pada siswa kelas VII-2 SMPN 25 Makassar. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research).
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-2 SMPN 25 Makassar.
Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan dengan cara
melakukan tes kemampuan menulis karangan narasi dengan
menggunakan metode number head together siswa kelas VII-2 SMPN 25
Makassar.
Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan menulis
karangan narasi siswa dengan menggunakan metode number head
together pada kelas VII-2 SMPN 25 Makassar hasilnya mengalami
peningkatan .Pada siklus I, nilai yang diperoleh siswa siklus I adalah 69%
hasilnya kurang maksimal karena siswa kurang semangat dalam
mengikuti pelajaran dan masih kurang respon atau kurang aktif dalam
bertanya, menjawab pertanyaan,kurang memahami penjelasan guru serta
siswa sangat ragu menuangkan gagasannya dalam menulis karangan
narasi. Pada siklus II nilai yang diperoleh siswa sebesar 81% ,Siswa
sudah sangat antusias dalam mengikuti pelajaran dan mengemukakan
pendapat, serta siswa sangat cepat memahami penjelasan guru. |
en_US |