Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemanfaatan
media game edukasi CES terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV
UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental One Group
Pretest-Posttest, yaitu pemberian tes sebelum adanya perlakuan, kemudian
memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan media Game
Edukasi CES. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 21 orang.
Penelitian dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan angket yang dianalisis
dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian menunjukkan bahwa
terdapat manfaat media game edukasi CES terhadap peningkatan hasil belajar
IPAS siswa kelas IV UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Hal ini
dapat dilihat berdasarkan hasil analisis uji hipotesis paired sampel t-test diperoleh
nilai thitung = -11,612 lebih besar dari pada ttabel = 1,72913. Selain itu juga
berdasarkan dengan nilai mean yang didapatkan pada nilai pretest yaitu 49,86 dan
posttest yaitu 80,24 hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai mean dari
kedua data subjek penelitian. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan berupa
media game edukasi CES terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat manfaat positif antara media game edukasi CES
terhadap hasil belajar siswa