dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menulis paragraf
deskripsi, faktor penyebabnya dan upaya-upaya untuk mengatasi kesulitan
tersebut dengan objek penelitian yaitu siswa kelas IV UPT SPF SDN
Lariangbangi I Kota Makassar yang berjumlah 42 Orang dengan menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan
siswa dalam menulis menulis paragraf deskripsi adalah Kesesuian judul dan
tulisan, kesesuaian rangkaian tema dan kalimat, penulisan ejaan, penulisan huruf
kapital, pilihan kata atau diksi Penulisan struktur kalimat dan kerapihan tulisan.
Faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menulis paragraf adalah
kurangnya persiapan siswa, siswa selalu membutuhkan contoh, tidak mampu
mengembangkan kalimat menjadi paragraf, siswa tidak mengikuti kaidah
penulisan yang benar dan siswa kekurangan kosakata. Dan upaya-upaya yang
dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis paragraf deskripsi
adalah memperbanyak latihan menulis paragraf pendek untuk siswa dengan
bermacam- macam topik, mengajarkan kembali kaidah penulisan yang benar dan
mengajak siswa untuk lagsung menerapkannya, meningkatkan kemampuan
mereka mengembangkan ide, mengarang meniru model karangan, mengarang
menggunakan bantuan gambar atau tanpa gambar, dan menggunakan media,
metode, dan taktik belajar yang sesuai. |
en_US |