Abstract:
Dorongan dan bimbingan belajar dari orang tua serta pemberian
pengetahuan sangat bermanfaat sekali bagi anak. Orang tua seharusnya menjadi
pendidik yang memberikan pengetahuan terhadap anak-anaknya, serta memberikan
sikap dan keterampilan yang memadai, memimpin keluarga, dan mengatur
kehidupannya, memberikan contoh sebagai keluarga yang ideal, dan bertanggung
jawab dalam kehidupan keluarga, baik yang bersifat jasmani maupun rohani.
Penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa bimbingan orang tua
mempengaruhi karakter dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap karakter dan prestasi belajar
dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 244
Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 244 Lapasa
sedangkan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN 244 Lapasa
Kecamatan Mare Kabupaten Bone yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data
menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan orang tua berpengaruh
signifikan terhadap karakter dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 244 Lapasa
Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Adapun kontribusi pengaruhnya adalah sebesar
68% sumbangan dari faktor bimbingan orang tua.