dc.description.abstract |
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Model
Pembelajaran RADEC Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan
Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan tingkat penguasaan konsep dan kemampuan menulis teks
eksplanasi siswa kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru sebelum dan sesudah
menggunakan model pembelajaran RADEC serta perbedaan penguasaan konsep
dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI UPTD SD Negeri 93
Barru dengan penggunaan model pembelajaran RADEC. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian quasi-experimental design dengan desain penelitian
non-equivalent pretest posttest control grup design pendekatan kuantitatif.
Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI UPTD SD Negeri 93
Barru, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru dengan jumlah siswa 22 orang
yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran RADEC
berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan kemampuan menulis teks
eksplanasi siswa. Berdasarkan tabel multivariate test dalam uji manova diperoleh
nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka H0 di tolak dan Ha diterima. sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep dan
kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru
dengan penggunaan model pembelajaran RADEC. |
en_US |