Abstract:
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis faktor-faktor apa yang
menyebabkan sehingga Objek Wisata Ollon belum berkembang dan
mengidentifikasi strategi pengembangan Objek Wisata Ollon.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
cara mengumpulkan data kuantitatif yang kemudian menggunakan
analisis Regresi Linear Berganda untuk mengukur faktor apa dan
seberapa besar pengaruh perkembangan objek wisata yang kemudian
menggunakan alat analisis SWOT untuk mengidentifikasi strategi
pengembangan objek wisata.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat dua faktor yang
menyebabkan sehingga Objek Wisata Ollon di Lembang Bau, Kecamatan
Bonggakaradeng belum berkembang, diantaranya yaitu faktor dari
prasarana (kondisi jaringan telekomunikasi, jaringan listrik, jaringan
persampahan/limbah, jaringan transportasi) dan aksesibilitas (kondisi
jaringan jalan).
Kesimpulan dari hasil analisis SWOT untuk mengidentifikasi strategi
pengembangan Objek Wisata Ollon yaitu berada pada kuadran I diantara
strategi SO (strength-opportunity) dengan menggunakan seluruh kekuatan
yang dimiliki untuk memanfaatkan seluruh peluang sebesar-besarnya.