Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pengelolaan
sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Dobo kabupaten Kepulauan Aru.
Jeni|s penel|i|t|ian yang di|lakukan adalah jeni|s penel|i|t|ian kual|i|tat|if deskript|if
dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengelolaan
sampah masih belum berkualitas, dilihat dari indikator tangibles, sarana dan
prasarana berupa fasilitas fisik yang disediakan masih kurang dan tidak memadai,
indikator reliability pelayanan yang diberikan masih belum maksimal dan belum
sesuai dengan SOP atau prosedur yang ditetapkan, untuk indikator responsivinnes
masih belum ada upaya yang dilakukan untuk mengatasi sampah-sampah yang
sudah menumpuk lama pada pemukiman warga, namun untuk respon terhadap
kritik dan saran dari masyarkat sudah baik. Indikator assurance ketepatan waktu
yang di janjikan atau yang ditetapkan tidak sesuai dengan yang terjadi di lapangan
atau belum berjalan sesuai dengan yang telah dijanjikan, sehingga sering
mengalami keterlambatan dalam pengangkutan sampah dan kurangnya TPS dan
bak sampah, indikator empathy masih belum berkualitas karena masih belum ada
sosialisasi kepada masyarakat sebagai sikap perhatian dan belum ada sanksi yang
diberikan kepada masyarakat yang melanggar aturan sebagai bentuk ketetgasan
kepada masyarakat.