Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh game
petualangan dragon dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik di kelas IV
UPT SPF SDN Lariang Bangi I Kota Makassar. Jenis penelitian ini ialah penelitian
eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent
Control Qroup Desaign, yaitu penelitian ini dilakukan dengan memberikan
perlakuan dengan memberikan game edukasi kepada kelompok eksperimen dan
menyediakan kelompok kontrol sebagai pembanding. Sampel penelitian ini adalah
peserta didik di kelas IV A dan IV C sebanyak 42 Orang. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang dianalisis dengan statistik
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media
game petualangan dragon dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta
didik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis bahwa nilai tHitumg sebesar
3,761 dan ttabel untuk 21 responden sebesar 1,734 maka 3,761 > 1,734 dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan game
edukasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV UPT SPF SDN Lariang Bangi I
Kota Makassa