Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media
animasi dalam pembelajaran tematik pada peserta didik kelas V UPT SPF SDN
Pampang Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design, yaitu
memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah
adanya perlakuan dengan menggunakan media animasi. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas V sebanyak 27 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak empat
kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi, dokumentasi dan tes yang dianalisis dengan statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media animasi efektif digunakan dalam
pembelajaran tematik bagi peserta didik kelas V UPT SPF SDN Pampang Kota
Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata nilai
sebelum diberi perlakuan menggunakan media animasi soal pretest rendah dan
setelah diberi perlakuan menggunakan media animasi soal posttest meningkat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media Animasi efektif digunakan
dalam pembelajaran tematik bagi peserta didik kelas V UPT SPF SDN Pampang
Kota Makassar.