Abstract:
Pada masa revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini tentu sangat penting guna memprioritaskan
pembentukan karakter positif pada siswa, meskipun harus dijalankan penyesuaian serta pengawasan
yang maksimal. Pemanfaatan internet mempunyai dampak yang signifikan pada siswa, sehingga
pengawasan yang efektif harus dipersiapkan. Salah satu solusi yang bisa dilaksanakan di bidang
pendidikan, terutama pada pembelajaran bahasa Indonesia, ialah dengan mengoptimalkan pendidikan
karakter yang dijalankan melalui literasi digital. Untuk mendeskripsikan serta menganalisis strategi
penguatan pendidikan karakter yang dijalankan melalui literasi digital sebagai suatu usaha menuju
pembelajaran yang lebih mendalam pada masa revolusi industri 4.0, perlu dijalankan kajian melalui studi
pustaka dengan pendekatan filosofis. Hasil kajian ini memperlihatkan jika siswa yang bisa
mengoptimalkan penggunaan literasi digital bisa memiliki karakter yang bagus, karena mereka mampu
memilih salah memilih informasi yang baik dari berbagai media literasi yang ada. Sementara itu, temuan
kajian ini juga memperlihatkan jika implementasi literasi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia
untuk mewujudkan pendidikan karakter seluruh siswa bisa dijalankan melalui beberapa strategi, seperti
memperkuat pemahaman di berbagai nilai karakter, menerapkan pendidikan karakter yang menjadi
dasar dari literasi digital, memahami berbagai konsep yang ada dalam diri siswa dan menciptakan
lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam kelas.