Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan
motivasi belajar siswa introvert sebelum dan setelah mengikuti proses
pembelajaran dengan menggunakan gim edukasi SDN Bontoramba Kota Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B sebanyak 7 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes MBTI,
observasi, angket motivasi belajar, dan dokumentasi yang dianalisis dengan analisis
deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan motivasi belajar siswa introvert sebelum dan setelah mengikuti proses
pembelajaran dengan menggunakan gim edukasi. Perbedaan motivasi belajar siswa
introvert terdapat pada angket motivasi belajar siswa pretest dan posttest. Adapun
hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi
belajar siswa introvert sebelum dan setelah mengikuti proses pembelajaran dengan
menggunakan gim edukasi SDN Bontoramba Kota Makassar.