Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media
Animasi terhadap Minat Belajar danHasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen semu. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres
Pannampu II yang jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 23 orang laki-laki dan 17
orang perempuan.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan teknik angket untuk mengetahui minat belajar siswa berupa 15
pernyataan dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa soal essay 10 item.
Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Rata-rata nilai
angket minat belajar kelas kontrol sebelum perlakuan adalah 48 dan nilai angket kelas
kontrol setelah perlakuan adalah 73. Sedangkan nilai angket kelas eksperimen sebelum
menggunakan media animasi adalah 40 sedangkan nilai angket setelah menggunakan
media adalah 83. Artinya media animasi lebih baik digunakan dibandingkan tanpa
menggunakan media animasi, (2) Rata-rata hasil pretesthasil belajar siswa kelas kontrol
sebelum perlakuan adalah 24 dan nilai post-test kelas kontrol setelah perlakuan adalah
73 sedangkan nilai pretest kelas eksperimen sebelum menerapkan media animasi adalah
38 dan nilai post-test kelas eksperimen setelah menerapkan media animasi adalah 87.
Artinya media animasi lebih baik digunakan dibandingkan tanpa menggunakan media
animasi. Sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa media animasi
berpengaruh lebih signifikan dibandingan tanpa menggunakan media pembelajaran
terhadap minat dan hasilbelajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu II. Hal
ini berdasarkan tabel multivariate test dalam uji manova diperoleh nilai Sig. 0,000 <
0,05.