dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar PKn Pada Siswa Kelas IV
SD Negeri Batulaccu Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian PreExperimental One Group Pretest-Posttes Design, yaitu memberikan tes sebelum
adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan model Index Card Match. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas
IV sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
tes, dan dokumentasi selanjutnya diolah dengan menggunkan teknik analisi data
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar
PKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota Makassar. Hal ini dapat
dilihat berdasarkan analisis data uji hipotesis thitung > ttabel. Dengan demikian Ha
diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
positif antara model pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil
Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota Makassar. |
en_US |