PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BATULACCU KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author MAKANMA, ESTER M.
dc.date.accessioned 2023-07-24T02:25:29Z
dc.date.available 2023-07-24T02:25:29Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4516103051
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6572
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian PreExperimental One Group Pretest-Posttes Design, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan model Index Card Match. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi selanjutnya diolah dengan menggunkan teknik analisi data statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis data uji hipotesis thitung > ttabel. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara model pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model pembelajaran Index Card Match en_US
dc.subject Hasil belajar PKn en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BATULACCU KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account