Abstract:
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran TWICE dalam membangun
citra positif Korea Selatan di Jepang. Sehubungan dengan tujuan yang ingin
dicapai, maka metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian
kualitatif. Penulis akan menjelaskan bagaimana peranan TWICE dalam
membangun citra positif Korea Selatan di Jepang. Teknik Pengumpulan data yang
digunakan berupa pengumpulan data sekunder yang diperoleh melalui studi
pustaka dengan bahan pustaka seperti buku, jurnal, artikel, skripsi, tesis, berita
online, dan hasil penelitian telaah sebelumnya yang berkaitan dengan peran
TWICE dalam membangun persepsi positif Korea Selatan di Jepang melalui
diplomasi selebriti.
Hasil penelitian terkait bagaimana peran TWICE dalam membangun
persepsi positif Korea Selatan menunjukkan bahwa TWICE berperan
memperkenalkan, menyebarkan dan melibatkan publik Jepang dalam
menggunakan budaya Korea Selatan dan mampu menyalakan kembali minat
masyarakat Jepang terhadap K-Pop yang sebelumnya menurun akibat konflik
yang terjadi antara Korea Selatan dan Jepang. TWICE berhasil meraih popularitas
tinggi di Jepang. Popularitas tersebut menunjukkan adanya respon timbal balik
yang positif dari masyarakat Jepang terhadap TWICE yang menampilkan budayabudaya Korea Selatan yaitu melalui musik. Oleh karena itu popularitas TWICE di
Jepang mampu meningkatkan citra dan membangun persepsi positif dari publik
Jepang terhadap Korea Selatan terbukti dengan tingginya tingkat konsumsi
masyarakat Jepang terhadap musik-musik TWICE