TINJAUAN EKONOMIS PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2013, METODE AASHTO 1993 DAN METODE SNI PD-T 14 2003 PADA JALAN FRONTAGE TOL SEKSI IV MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author RUKMAN, RISWANDA
dc.date.accessioned 2023-08-03T07:00:45Z
dc.date.available 2023-08-03T07:00:45Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.other 45 13 041 230
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6656
dc.description.abstract Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi terpenting karena berperan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, baik untuk pendistribusian barang atau jasa sehingga desain perkerasan jalan yang baik adalah suatu keharusan. Ketika suatu perkerasan kaku telah mencapai akhir dari masa layannya sehingga tidak mampu lagi untuk menahan beban lalu lintas yang berada di atasnya, maka perencana mempunyai dua pilihan untuk meningkatkan kemampuan perkerasan kaku tersebut yaitu dengan rekonstruksi atau mengganti perkerasan tersebut dengan perkerasan beton yang baru, dan dengan pelapisan tambah (overlay) pada perkerasan yang sudah ada. Dalam tugas akhir ini akan dibahas tentang perencanaan tebal perkerasan kaku dengan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2013, metode AASHTO 1993 dan metode SNI PD-T-14 2003. Kemudian dilakukan perbandingan ekonomis tebal perkerasan dari masing masing metode. Dari pembahasan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa desain perencanaan tebal perkerasan dengan dengan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 didapat tebal pelat 265 mm atau lebih tipis 40 mm dibandingkan dengan perencanaan tebal pelat metode AASHTO 1993 dan lebih tipis 5 mm dari metode SNI PD-T 14 2003. Namun perlu dipertimbangkan mengenai keekonomisan desain dengan metode Manual Desain Perkerasan Jalan jika untuk kebutuhan rekonstruksi dengan panjang 1, 185 km jalan yang membutuhkan penanganan untuk rekonstruksi dari total 20,080 km panjang jalan karena ketentuan metode ini diharuskan menggunakan lapis pondasi agregat kelas A 150 mm dan urugan pilihan untuk peningkatan tanah dasar 250 mm en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject tebal perkerasan en_US
dc.subject manual desain perkerasan jalan 2013 en_US
dc.subject AASHTO 1993 en_US
dc.subject SNI PD-T 14 2003 en_US
dc.title TINJAUAN EKONOMIS PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2013, METODE AASHTO 1993 DAN METODE SNI PD-T 14 2003 PADA JALAN FRONTAGE TOL SEKSI IV MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account