dc.contributor.author |
HAMZAH, ADELINA |
|
dc.date.accessioned |
2023-08-04T01:48:15Z |
|
dc.date.available |
2023-08-04T01:48:15Z |
|
dc.date.issued |
2015 |
|
dc.identifier.other |
4510101084 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6678 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan
metode reciprocal dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
memahami isi bacaan, memprediksi, membuat ringkasan pada setiap
paragraf dan mampu mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam
memahami isi bacaan atau wacana..
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan pada
siswa SMP Negeri 19 Makassar. Dalam penelitian ini jumlah populasi
adalah siswa kelas IX yang berjumlah 172 siswa yang terbagi.ke dalam 5
kelas. Peneliti memilih sampel kelas IX.M yang berjumlah 26 siswa.
Tujuan peneliti memilih siswa kelas IX.M sebagai subjek penelitian karena
rata – rata siswa pada kelas ini masih kurang mampu dalam memahami
teks bacaan bahasa Inggris dengan baik.
Hasil analisis data pada pre - test dan post-test menunjukkan
bahwa nilai T-test adalah 9.65 dan nilai T-table 2.060. Berarti nilai T-test
lebih bagus dari pada T-table atau (9.65 > 2.060). Hal itu menunjukkan
bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan pada akhir
penelitian meningkat. Hal ini dapat teridentifikasi dengan adanya hasil
perbedaan yang signifikan antara pre-test (4.7) dan post-test (7.3). Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode reciprocal yang
diujicobakan di SMP Negeri 19 Makassar ternyata cukup berhasil.
Tampak bahwa kemampuan bahasa Inggris siswa dalam memamahi teks
bacaan yang semula masih rendah menjadi baik setelah metode ini
diujicobakan pada siswa kelas IX.M di SMP Negeri 19 Makassar. |
en_US |
dc.publisher |
UNIVERSITAS BOSOWA |
en_US |
dc.subject |
The Application of Reciprocal Method |
en_US |
dc.subject |
of Students’ Reading Comprehension |
en_US |
dc.subject |
at the Ninth Year Students of SMP Negeri 19 Makassar |
en_US |
dc.title |
THE APPLICATION OF RECIPROCAL METHOD OF STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT NINTH YEAR STUDENTS OF SMP NEGERI 19 MAKASSAR |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |