Abstract:
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Fan Activism Army
Bts dapat berkontribusi terhadap aktivitas Kemanusiaan Global, melalui Produk
budaya populer seperti K-Pop yang bisa diterima dengan mudah oleh masyarakat
Internasional. Adanya kesamaan minat yang sama membentuk aksi solidaritas
dalam melihat isu-isu sosial sekitar membuat para Fans khususnya Army bisa
saling terhubung satu sama lain. Internet merupakan media utama dalam
merebaknya budaya pop Korea dengan menjadi penghubung antara seluruh
penggemar yang asalnya dari beragam negara. Keunggulan dari internet sebagai
media baru adalah interaktivitas. Hal ini dapat diartikan bahwa melalui internet
semua orang dapat bertukar informasi tanpa ada pembatasan peran dalam
penyampaian pesan dan penerima pesan. Dimana dalam prosesnya melibatkan
Fan Activism One In An Army (OIAA) BTS Berkontribusi terhadap aktivitas
Kemanusiaan Global. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Telaah Pustaka.
Dengan menggunakan Teori Connective Action oleh W. L. Bannet. Indikator
yang digunakan untuk menganalisis aksi yang dilakukan oleh Army BTS yaitu
melalui alur, Sosial Media, Tagar Activism dan komunikasi Virtual