Abstract:
Pandemi mengancam 13 juta pekerja di industri pariwisata dan 32,5 juta
pekerja yang secara tidak langsung terkait dengan pariwisata. devisa industri
pariwisata pada tahun 2020 antara US$400 juta hingga US$7 miliar. Sebelum
wabah, target penerimaan devisa pariwisata pada 2020 adalah US$1,9-21 miliar.
pendapatan devisa dari pariwisata pada tahun sebelumnya hampir mencapai 20
miliar dolar AS. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penulisan
deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis akan menggunakan sumber data sekunder
yang diperoleh secara tidak langsung dari sumber utama, dapat berupa berita di
media massa, hasil penelitian yang relevan, begitu juga dengan kebijakan
pemerintah, menganalisis data terkait fenomena dan kondisi pariwisata serta
melihat perkembangan kunjungan pariwisata di masa pandemi Covid-19. Strategi
Wonderful Indonesia Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisatawan Mancanegara
di Masa Pandemi Covid-19. Hubungan Pemerintah Indonesia dengan Masyarakat
dan Wisatawan. Kegiatan atau Event Besar Tahunan (Nation Days). Selain itu,
upaya-upaya juga dilancarkan untuk memperbaiki infrastruktur, transportasi,
hingga keamanan agar citra buruk Indonesia di masa lalu perlahan terlupakan.
Branding Wonderful Indonesia telah menjadi sesuatu yang sangat berhasil dalam
meningkatkan citra positif Indonesia. Pemerintah juga telah mengimplementasikan
langkah-langkah pencegahan Covid-19 di destinasi pariwisata untuk meningkatkan
rasa aman dan nyaman bagi wisatawan. Pemerintah juga telah meningkatkan
jumlah beragam destinasi pariwisata dengan meningkatkan konektivitas dan
inovasi dalam pengembangan kawasan pariwisata. Terutama di wilayah pedesaan
dan daerah terpencil, sehingga warga lokal dapat mendapatkan manfaat dari
pariwisata melalui pengembangan destinasi.