Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
kosakata siswa dengan menggunakan metode Community Language
Learning (CLL) penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa
dalam meningkatkan kemampuan kosa kata, serta dapat membantu guru
untuk lebih kreatif.
Metode penelitian yang diterapkan adalah experimental. Subjek
penelitian ini adalah kelas VIII.6 SMPN 25 Makassar tahun akademik
2013/2014 yang terdiri atas 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui3
kali pertemuan dengan memberikan pre-test, treatment dan post-test.
Hasil data analisis menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan
kosakata siswa meningkat dengan menggunakan metode CLL sebagai
media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan antara t-test
dan t-table dimana t-table merupakan acuan penilaian dalam menetukan
tingkat keberhasilan metode yang diterapkan. Setelah melalui proses
analisis penulis menemukan bahwa t-test lebih tinggi dibanding dengan ttable yaitu t-test 11.78 sedangkan t-table 2.145. Perolehan nilai siswa
tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode CLL dapat
meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa di kelas VIII.6
SMPN 25 Makassar.