dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan
contextual teaching method melalui English film terhadap kemampuan
berbicara mahasiswa semester tiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas 45 Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan memilih
satu kelas untuk diberikan pre-test, treatment dan post-test. Populasi
penelitian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari dua
kelas yaitu kelas A dan B angkatan 2013/2014, sedangkan sampel dalam
penelitian ini adalah mahasiswa kelas B yang terdiri dari 15 mahasiswa.
Hasil analisi data pada pre-test dan post-test menunjukkan bahwa nilai
untuk accuracy t-testnya adalah sebesar 15,5 sedangkan untuk nilai t-table
adalah 2,97 atau (15,5>2.97). nilai pada t-test fluency 5.3 sedangkan nilai ttablenya 2.97 dan untuk nilai t-test pada comprehensibility 35.71 sedangkan
nilai t-tablenya 2.97. Dengan itu nilai t-test lebih bagus dari pada t-table. Hal
ini menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa inggris mahasiswa semester
tiga kelas B pendidikan bahasa inggris meningkat secara significant.Oleh
karena itu, ada beberapa aspek yang sangat menonjol setelah
mengaplikasikan metode tersebut didalam kelas dan terdapat pula
perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan metode ini memberikan pengaruh yang
sangat baik, sehingga perubahan-perubahan tersebut bias dilihat pada posttest yang diberikan dan tampak pada latihan post-test. |
en_US |