dc.description.abstract |
Tujuan Skripsi ini di lakukan agar kita dapat mengetahui pola
pemberdayaan siswa disabilitas dimasa pandemi serta hambatan apa yang
dihadapi para siswa disabilitas dan bagaimana solusi dari hambatan tersebut
sehingga terciptanya pola pemberdayaan siswa disabilitas dimasa pandemi di SLB
Arnadya Kecamatan Manggala Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, objek penelitiannya adalah siswa
disabilitas di SLB Arnadya Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pengumpulan
data menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.
Pemberdayaan anak disabilitas di masa pandemi harus dapat diarahkan agar
mereka mampu menyesuaikan diri dan tetap berdaya untuk menghadapi suatu
kondisi tatanan kehidupan normal baru atau new normal dimasa pandemi.
Berdasarkan dengan hasil penelitian dan wawancara di atas dengan para
Instrumen mengenai “Pola Pemberdayaan Siswa Disabilitas Dimasa Pandemi di
SLB Arnadya Kota Makassar” maka peneliti dapat menarik kesimpulan yaitu (1)
Para tenaga pendidik di SLB Arnadya menyadari bahwa masih banyak masalah
yang dihadapi siswa disabilitas terutama diSLB Arnadya yang belum terselesaikan
maka dari itu pemberdayaan yang baik mengenai kondisi disabilitas harus
terlaksana. (2) Pemberdayaan anak disabilitas harus dapat diarahkan agar anak
berkebutuhan khusus dapat menyesuaikan diri dan tetap berdaya untuk
menghadapi kondisi dan keadaan kehidupan normal baru dimasa pandemi. (3)
Partisipasi dan kerja sama orangtua siswa juga sangat diperlukan untuk
mendampingi dan membimbing anaknya didalam proses pembelajaran ditengah
masa pandemi. |
en_US |