Abstract:
Penelitian ini berguna untuk menganalisis apa saja strategi yang digunakan
oleh Korean Tourism Organization dalam meningkatkan kunjungan wisatawan
Indonesia ke Korea Selatan, penelitian ini berfokus pada peningkatan pariwisata yang
terjadi pada tahun 2015-2019, dimana pada rentan waktu tersebut wisatawan
Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan meningkat sebanyak 12 % setiap
tahunnya. Pada penelitian ini penulis menganalisis menggunakan teori neoliberalisme
dalam konsep kerjasama Internasional, konsep ini kemudian akan menjawab seperti
apa kerjasama yang dilakukan KTO dan Indonesia sehingga bisa menjalankan strategi
peningkatan pariwisatanya. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif
dengan menganalisis menggunakan data sekunder. Pada penelitian ini kemudian
menjelaskan tentang upaya KTO dalam penyebarluasan dan potensi wisata Korea
Selatan, tentang KTO yang melihat peluang wisatawan muslim yang berkunjung ke
Korea Selatan sehingga menyelenggarakan program-program yang bertajuk muslim
friendly, dan juga memanfaatkan sosial media dan bintang hallyu sebagai alat untuk
mempromosikan wisata Korea Selatan kepada masyarakat Indonesia.