dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman kalimat
Tanya dalam bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih
sangat terbatas mengingat bahwa mereka pada umumnya belum mengetahui
fungsi kalimat Tanya dan unsur-unsur pembentuk kalimat Tanya dalam
bahasa Indonesia.
Penelitian ini bertujuan menjelaskan (1) kemampuan siswa
menentukan fungsi kata tanya, intonasitanya, getar tanya, tanda Tanya dan
partikel tanya (2) pemahaman, penguasaan siswa tentang unsur-unsur
pembentuk kalimat Tanya bahasa Indonesia, seperti kata tanya, getar tanya,
partikel tanya, tanda tanya, dan intonasi tanya.
Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, tes,
dan pengumpulan data pustaka. Soal yang dibagikan adalah berupa tes esai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai 60 ke
atas sebanyak dua puluh sembilan orang siswa (100%), sedangkan siswa
yang mendapat nilai kurang dari 60 tidak ada. Hal ini dapat disimpulkan
bahwa kemampuan Siswa Kelas VII SMP Salo Kayu IV Kabupaten Mamuju
menentukan unsure pembentuk kalimat tanya bahasa Indonesia memadai
dan mencapai kriteria yang telah ditentukan. |
en_US |