dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik dubbing
dalam film animasi pendek dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada
siswa kelas dua SMPN 3 Makassar, pada tahun akademik 2018/2019 yang terdiri
dari 20 siswa.
Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dengan pre-test, post-test,
dan analisis data. Analisis data memerlukan data kuantitatif yang diperoleh dari
tes lisan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik dubbing dalam film animasi
pendek untuk kemampuan berbicara mampu meningkatkan kemampuan berbicara
siswa pada siswa kelas dua SMPN 3 Makassar. Mereka diambil dengan analisis
data dari ketepatan, kelancaran dan pemahaman. Dapat ditunjukkan hasil data dari
ketepatan bahwa skor total pre-test siswa yaitu 40 dan post-test adalah 83,
kelancaran pre-test yang 48 dan post-test adalah 84, pemahaman pra-tes yang 34
dan post-tes adalah 91. Penelitian ini berhasil, dapat dibuktikan dari nilai rata-rata
siswa pre-test yang 45,6 dan post-test adalah 89,8. Dan T-test lebih tinggi dari Ttabel (16,19> 2.086). Singkatnya, teknik dubbing dalam animasi pendek
meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara signifikan. |
en_US |