Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar siswa di UPT SPF SD Negeri
Bontoramba Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto
dengan menggunakan Metode kombinasi (mixed methods) yang menggabungkan
metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas IV sebanyak 54 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket,
wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan teknik analisis regresi linear
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum merdeka berpengaruh
positif terhadap motivasi belajar siswa di UPT SPF SD Negeri Bontoramba Kota
Makassar sekitar 35,2%. Kemudian, berdasarkan model persamaan regresi,
disimpulkan bahwa jika tidak ada kurikulum merdeka, maka nilai konsisten
motivasi belajar siswa sebesar 25,652. Selain itu, setiap penambahan 1%
penerapan kurikulum merdeka maka motivasi belajar siswa akan meningkat
sebesar 1,051. Namun, terdapat juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi
motivasi belajar siswa seperti kreatifitas guru, peran orang tua, lingkungan kelas,
serta minat belajar siswa itu sendiri.