Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VIII pada materi segiempat dan
segitiga di SMPN 004 Satap Tabang. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 004 Satap Tabang berjumlah 19
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode tes berbentuk soal essay sebanyak 5 soal uraian dan metode wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan berpikir
kreatif matemasis siswa masih sangat rendah dimana nilai rata-rata seluruh siswa
adalah 40,79 dengan nilai tertinggi yaitu 55 dan terendah yaitu 15. Adapun
persentase dari setiap indikator yaitu indikator kemampuan berpikir lancar
(fluency) dengan persentase 94,75%, indikator kemampuan berpikir luwes
(flexibility) dengan persentase 48,75%, indikator kemampuan berpikir keaslian
(originality) dengan persentase 21%, dan indikator kemampuan berpikir terperinci
(elaboration) dengan persentase 18,5%. Dari 19 siswa yang menjadi subjek
penelitian, tidak ada siswa yang mencapai kategori tinggi, hanya seorang siswa
yang mencapai kategori sedang dan 18 siswa masih di kategori rendah. Beberapa
faktor penyebab yang membuat subjek mengalami kesulitan menjawab soal,
antara lain: (1) siswa tidak terbiasa menjawab soal dengan cara yang berbeda; (2)
siswa cenderung menjawab soal dengan cara yang diajarkan guru; (3) siswa
mengalami kesulitan dalam mengingat rumus bangun datar; (4) siswa tidak
terbiasa menyelesaikan soal-soal matematika; dan (5) siswa masih kurang
memahami soal yang diberikan.