dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta memperoleh data
dan informasi lengkap tentang Peningkatan Kemampuan Menulis
Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw Siswa Kelas VII-5 SMP Negeri 17 Makassar. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII- 5 SMP Negeri 17 Makassar. Jumlah siswa
sebanyak 32 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menulis paragraf
deskripsi dapat meningkat secara maksimal sesuai dengan indikator
pembelajaran yang diinginkan. Hasil analisis data pada siklus I
menunjukan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai 80 ke atas
sebanyak 13 orang atau 40,63%, jumlah siswa yang mencapai nilai cukup
sebanyak 17 orang atau 46,88%, dan siswa yang mencapai nilai kurng
sebanyak 4 orang atau 12,50%. Sedangkan hasil analisis data siklus II
menunjukan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai 80 keatas 21 orang
atau 65,62%. Sedangkan jumlah siswa yang mendapat nilai kurang dari
80 sebanyak 11 orang atau 34,38%. Oleh karena itu penelitian ini
dinyatakan meningkat. |
en_US |