DSpace Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VII-5 SMP NEGERI 17 MAKASAR

Show simple item record

dc.contributor.author LUJU, MARIA SURIANTI
dc.date.accessioned 2023-10-19T03:48:59Z
dc.date.available 2023-10-19T03:48:59Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513102088
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7315
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta memperoleh data dan informasi lengkap tentang Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VII-5 SMP Negeri 17 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII- 5 SMP Negeri 17 Makassar. Jumlah siswa sebanyak 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dapat meningkat secara maksimal sesuai dengan indikator pembelajaran yang diinginkan. Hasil analisis data pada siklus I menunjukan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai 80 ke atas sebanyak 13 orang atau 40,63%, jumlah siswa yang mencapai nilai cukup sebanyak 17 orang atau 46,88%, dan siswa yang mencapai nilai kurng sebanyak 4 orang atau 12,50%. Sedangkan hasil analisis data siklus II menunjukan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai 80 keatas 21 orang atau 65,62%. Sedangkan jumlah siswa yang mendapat nilai kurang dari 80 sebanyak 11 orang atau 34,38%. Oleh karena itu penelitian ini dinyatakan meningkat. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject menulis en_US
dc.subject paragraf deskripsi en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VII-5 SMP NEGERI 17 MAKASAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account