dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu
pengetahuan alam melalui penerapan model pembelajaran cooperatif tipe
make a macth pada murid kelas IV SD Negeri bili-bili kabupaten gowa
Tahun Ajaran 2016/2017.dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari
18 laki-laki dan 7 perempuan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran cooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil
belajar Ilmu Pengetahuan alam. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan hasil belajar siswa, nilai ketuntasan belajar peserta didik
pada siklus I yakni sebesar 60% yang sebelumnya pada pelaksanaan pre
test (tes awal) hanya sebesar 28%, pada siklus II meningkat menjadi 92%
Aktifitas pendidik atau peneliti pada siklus I adalah 76,78% kemudian
pada siklus II meningkat menjadi 88,5%. Sedangkan aktifitas peserta didik
pada siklus I yakni 75%, pada siklus II meningkat menjadi 88,79%. |
en_US |