Abstract:
Penelitian ini bertujuan agar kita dapat mengetahui pola pemberdayaan
siswa disabilitas dimasa pandemi serta hambatan apa yang dihadapi para siswa
disabilitas dan bagaimana solusi dari hambatan tersebut sehingga terciptanya pola
pemberdayaan siswa disabilitas dimasa pandemi di SLB Kecamatan Manggala
Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
kualitatif deskripstif, objek penelitiannya adalah siswa disabilitas diSLB Arnadya
Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemberdayaan anak disabilitas di masa
pandemi harus dapat diarahkan agar mereka mampu menyesuaikan diri dan tetap
berdaya untuk menghadapi suatu kondisi tatanan kehidupan normal baru atau new
normal dimasa pandemi.
Berdasarkan dengan hasil penelitian dan wawancara di atas dengan para
Instrumen mengenai “Pola Pemberdayaan Siswa Disabilitas Dimasa Pandemi di
SLB Arnadya Kecamatan Manggala Kota Makassar” maka peneliti dapat menarik
kesimpulan yaitu (1) Para tenaga pendidik di SLB menyadari bahwa masih
banyak masalah yang dihadapi siswa disabilitas terutama di SLB yang belum
terselesaikan maka dari itu pemberdayaan yang baik mengenai kondisi disabilitas
harus terlaksana. (2) Pemberdayaan anak disabilitas harus dapat diarahkan agar
anak berkebutuhan khusus dapat menyesuaikan diri dan tetap berdaya untuk
menghadapi kondisi dan keadaan kehidupan normal baru dimasa pandemi. (3)
Partisipasi dan kerja sama orangtua siswa juga sangat diperlukan untuk
mendampingi dan membimbing anaknya didalam proses pembelajaran ditengah
masa pandemi