Abstract:
Penelitian ini betujuan yakni mendeskripsikan kemampuan menulis
cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Makassar. peneliti memaparkan hasil
penelitian berdasarkan pre-test, treatmet dan post-test guna mengetahui hasil
penggunaan media karikatur terhadap kemampuan menulis siswa cerpen
kelas VIII SMP Negeri 23 Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu
variabel penelitian yaitu dengan mengamati kesanggupan menukis cerpen
dengan menggunakan media karikatur. dan yang kedua desain penelitian,
penelitian dengan bersifat deskriptif kuantitatif dimana kemampuan siswa
kelas VIII SMP Negeri 23 Makassar dalam menulis cerpen dengan media
karikatur akan digambarkan dalam bentuk angka-angka.
hasil penelitian dengan menggunakan media karikatur dalam
pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Makassar menunjukkan
adanya peningkatan kemampuan menulis cerpen. Hal ini dapat dilihat dari
hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes awal 69.74 meningkat
menjadi 80.74.