dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan peningkatan hasil
belajar keterampilan membaca pemahaman dengan metode scramble
pada kelas IV SDN Nusa Harapan Permai. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.
Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Nusa Harapan
Permai berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 12 orang perempuan
dan 11 orang laki-laki pada tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil pada
mata pelajaran Bahasa Indonesi. Data hasil observasi dianalisis secara
kualitatif,sedangkan dari hasil kemampuan belajar siswa berupa
pemberian tes,dianalisis secara kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar
siswa. Pada siklus I nilai rata-rata dicapai 69,13% pada siklus II nilai ratarata mencapai 78,26% mengalami peningkatan sebesar 11% dari siklus I.
Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penggunaan
metode scramble dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menggunakan
metode scramble karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |
en_US |