dc.description.abstract |
Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan bahwa pemahaman siswa
terhadap fungsi organ pernapasan manusia masih rendah. Masalah dalam
penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan pendekatan
keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar fungsi organ
pernapasan manusia pada siswa kelas V SD Katolik Nelle II Kecamatan
Alok Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur?”
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
berdaur ulang (siklus) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V SD Katolik Nelle II Kecamatan Alok Kabupaten Sikka
Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri
dari 6 laki-laki dan 13 perempuan. Pada tahun pelajaran 2016/2017 pada
semester ganjil dengan mata pelajaran IPA penelitian ini menggunakan
pendekatan keterampilan proses yang dapat meningkatkan hasil belajar
fungsi organ pernapasan manusia siswa kelas V SD Katolik Nelle II
Kecamatan Alok Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil
belajar fungsi organ pernapasan siswa kelas V. Pada siklus I dari 19 siswa
terdapat 6 orang siswa yang tuntas belajarnya dengan presentase 31,6%,
Sedangkan di siklus II diketahui bahwa dari 19 siswa terdapat 17 siswa
yang tuntas belajarnya dengan presentase 89,5%. Berdasarkan hasil
analisis data, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan
keterampilan proses maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan |
en_US |