dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring
siswa kelas III SD Inpres Daya Makassar. Penelitian ini menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga dengan Classroom Action
Research yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui
refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara
melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis
setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Dengan teknik pengumpulan data yaitu
observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber dari data adalah siswa kelas III yang
berjumlah 20 siswa dan guru kelas III sebagai kolaborator. Penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan pada Siklus I dan Siklus II metode pembelajaran kontekstual
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terbukti telah meningkatkan kemampuan
membaca siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil persentase ketuntasan belajar siswa
pada tahap Pra-Siklus 30%, Siklus I sebesar 60% dan meningkat pada siklus II yaitu
sebesar 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran
kontekstual dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas III SD
Inpres Daya Makassar. |
en_US |