DSpace Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD INPRES DAYA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author PRATIWI, ALFINA
dc.date.accessioned 2023-10-23T03:33:35Z
dc.date.available 2023-10-23T03:33:35Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4517103027
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7733
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas III SD Inpres Daya Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga dengan Classroom Action Research yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber dari data adalah siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa dan guru kelas III sebagai kolaborator. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada Siklus I dan Siklus II metode pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terbukti telah meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada tahap Pra-Siklus 30%, Siklus I sebesar 60% dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas III SD Inpres Daya Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Membaca Nyaring en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Kontekstual en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD INPRES DAYA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account