Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan
keterampilan membaca puisi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
yang dilaksanakan di kelas IV UPT SPF SD Negeri Pampang berjumlah 30 siswa
dengan menggunakan dua siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil
peningkatan keterampilan membaca puisi ialah 70,1. Pada siklus II nilai rata-rata
hasil peningkatan keterampilan membaca puisi 82,1. Ketuntasan kemampuan
keterampilan membaca puisi siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Pampang Kota
Makassar mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 14 (46,6%) siswa mencapai
ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 24 (80%) siswa mencapai
ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal ini berarti
ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah siswa yang
tuntas mencapai 80%.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
peningkatan keterampilan membaca puisi menggunakan media audiovisual pada
siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Pampang Kota Makassar mengalami
peningkatan.