Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
kecemasan dan self-efficacy siswa kelas VII SMPN 2 Sanggalangi Satap terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII.1 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode tes. Adapun
teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang
dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa siswa dengan tingkat kecemasan yang berbeda, memiliki tingkat
kemampuan pemecahan masalah matematika yang sama. Hasil penelitian juga
menunjukkan bahwa siswa dengan self-efficacy rendah, memiliki tingkat
kemampuan pemecahan masalah matematika yang tinggi, begitupun sebaliknya
terdapat siswa yang memiliki self-efficacy yang sedang dan tinggi, tetapi memiliki
tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika yang tergolong rendah,
sedang, dan tinggi. Adapun hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa tidak terdapat pengaruh kecemasan dan self-efficacy siswa kelas VII
SMPN 2 Sanggalangi Satap terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika.