dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami
oleh siswa dalam membaca permulaan di kelas II UPT SPF SD Inpres Mongisidi.
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah banyaknya peserta didik di kelas
rendah yang mengalami kesulitan dalam membaca. Jenis Penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif
yang dilakukan di UPT SPF SD Inpres Mongisidi tahun 2023, subjek penelitian
ini adalah siswa kelas II dengan jumlah 29 siswa dengan jumlah 1 guru kelas II UPT
SPF SD Inpres Mongisidi.Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian tentang analisis kesulitan siswa dalam membaca
permulaan di kelas II UPT SPF SD Inpres Mongisidi dapat dikatakan cukup
baik. Selama proses pembelajaran peneliti melihat situasi pembelajaran yang
kondusif. Namun beberapa siswa tidak memperhatikan pembelajaran yang
disebabkan oleh beberapa faktor yang di alami siswa. Ketika peneliti
mewawancarai siswa ditemukan beberapa faktor yang menjadi kesulitan
membaca permulaan diantaranya lingkungan keluarga, metode pembelajaran dan
gangguan dari teman. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi
permasalahan siswa dalam kesulitan membaca permulaan yaitu guru dan orang
tua saling bekerja sama untuk memberikan motivasi agar siswa lebih giat dalam
belajar, memberikan jam pelajaran tambahan setelah pulang sekolah, dan guru
menggunakan media serta metode pembelajaran yang lebih kreatif sehingga
siswa lebih tertarik pada pembelajaran. |
en_US |