Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan
metode Index Card Match terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres
Tamamaung III Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy
eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest
control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD
Inpres Tamamaung III Makassar yang terdiri dari dua kelas. Sampel diperoleh
secara acak dan terpilih kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah
peserta didik 30 orang dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta
didik 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes hasil belajar dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis dengan:
(1) teknik analisis deskriptif menggunakan SPSS 25; (2) analisis inferensial yang
meliputi: uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t
(independent sampel test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas yang
menggunakan metode Index Card Match memiliki hasil belajar yang tinggi.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Index Card Match efektif
untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Tamamaung III.