DSpace Repository

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELA V SDN 01 PANA KECAMATAN PANA KABUPATEN MAMASA

Show simple item record

dc.contributor.author DEMMALONA, GEOVALDY
dc.date.accessioned 2023-10-24T05:45:31Z
dc.date.available 2023-10-24T05:45:31Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4519103030
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7957
dc.description.abstract Pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 01 PANA KECAMATAN PANA KABUPATEN MAMASA. Skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas Bosowa. Dosen pembimbing: Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd dan Dr. Burhan, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar murid SDN 01 Pana Kecamatan Pana Kabupaten Mamasa. Penelitian ini bertujuan untuk ada atau tidaknya pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar murid SDN 01 Pana Kecamatan Pana Kabupaten Mamasa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel berjumlah 7 murid pada kelas v SDN 01 Pana Kecamatan Pana Kabupaten Mamasa yang dijadikan responden penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi sederhana, dan analisis koefisiensi determinan, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil penelitian, lingkungan sekolah dan motivasi belajar murid secara umum berada pada kategori tinggi dengan presentse lingkungan sekolah 73,33 % dan motivasi belajar 60%. Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar di gambarkan dengan persamaan y=-7,311 + 1,071 x. Persamaan tersebut terlihat bahwa nilai konstanta adalah -7,311: artinya jika lingkungan sekolah (x) nilainya adalah 0, maka nilai motivasi belajar sebesar -7,311. Dapat disimpulkan bahwa antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi murid, guru, dan kepala sekolah. Saran yang diajukan ialah hendaknya lingkungan sekolah diciptakan secara aman dan nyaman agar hasil belajar murid menjadi optimal. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject lingkungan sekolah en_US
dc.subject motivasi belajar en_US
dc.title PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELA V SDN 01 PANA KECAMATAN PANA KABUPATEN MAMASA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account