dc.description.abstract |
Pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar
siswa kelas V SDN 01 PANA KECAMATAN PANA KABUPATEN MAMASA.
Skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu
pendidikan, universitas Bosowa. Dosen pembimbing: Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd dan
Dr. Burhan, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar
murid SDN 01 Pana Kecamatan Pana Kabupaten Mamasa. Penelitian ini bertujuan
untuk ada atau tidaknya pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar
murid SDN 01 Pana Kecamatan Pana Kabupaten Mamasa.Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel berjumlah 7 murid pada kelas v
SDN 01 Pana Kecamatan Pana Kabupaten Mamasa yang dijadikan responden
penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi sederhana, dan analisis koefisiensi
determinan, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas.
Berdasarkan hasil penelitian, lingkungan sekolah dan motivasi belajar murid
secara umum berada pada kategori tinggi dengan presentse lingkungan sekolah
73,33 % dan motivasi belajar 60%. Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi
belajar di gambarkan dengan persamaan y=-7,311 + 1,071 x. Persamaan tersebut
terlihat bahwa nilai konstanta adalah -7,311: artinya jika lingkungan sekolah (x)
nilainya adalah 0, maka nilai motivasi belajar sebesar -7,311. Dapat disimpulkan
bahwa antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar mempunyai pengaruh
yang positif dan signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi
murid, guru, dan kepala sekolah. Saran yang diajukan ialah hendaknya lingkungan
sekolah diciptakan secara aman dan nyaman agar hasil belajar murid menjadi
optimal. |
en_US |