Abstract:
Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dengan
pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian koparatif. Tingkat kepatuha berlalu
lintas diukur dengan menggunakan skala obedience yang berdasarkan pada teori
kepatuhan dari blass (1999). Tujuan penelitian yaitu untuk melihat perbedaan
tingkat kepatuhan berlalu lintas pengendara roda dua dimakassar jika di tinjau dari
faktor jenis kelamin dan tingkat pendidikan. Sampel pada penelitian ini sebanyak
482 subjek. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitan ini dengan
menggunakan uji-T. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di peroleh, peneliti
menemukan bahwa Ada perbedaan kepatuhan berlalu lintas pengendara roda dua di
makassar secara signifikan, jika ditinjau dari faktor jenis kelamin, dengan nilai
signifikansi <0.05 dan nilai mean Laki-laki sebesar 81.13 kemudian perempuan
sebesar 87.48. kemudian untuk faktor tingkat pendidikan peneliti mendapakan hasil
bahwa Ada perbedaan kepatuhan berlalu lintas pengendara roda dua di makassar
secara signifikan, jika ditinjau dari faktor pendidikan dengan nilai signifikansi
<0.05 dan nilai mean responden berpendidikan SMA sebesar 80.37 kemudian
responden dengan pendidikan S1 sebesar 88.91.