Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
ekstrakurikuler drumband terhadap motivasi belajar siswa di UPT SPF SD Inpres
Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif (ex
post facto) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah semua siswa
yang mengikuti ekstrakurikuler drumband sebanyak 32 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan
observasi, wawancara, angket dan dokumentasi yang dianalisis dengan teknik
analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
ekstrakurikuler drumband berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa
sebesar 23,9%. Berdasarkan model regresi, disimpulkan bahwa jika tidak ada
ekstrakurikuler drumband maka nilai konsisten motivasi belajar siswa sebesar
41,868, setiap penambahan 1% ekstrakurikuler drumband maka motivasi belajar
siswa akan meningkat sebesar 1,003. Tetapi, terdapat juga faktor-faktor lain yang
mempengaruhi motivasi belajar yakni faktor internal dan eksternal diantaranya
lingkungan kelas, peran orang tua, lingkungan masyrakat, serta minat belajar siswa
itu sendiri.