Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi
pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka dikelas IV UPT SPF SD Inpres
Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis Penlitian ini ialah penelitian kualitatif.
Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data diolah menggunakan teknik
trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar ini meliputi
tenaga pendidik yang didukung oleh sosialisasi kurikulum Merdeka Belajar, peran
orang tua yang memperhatikan perkembangan peserta didik dalam proses belajar,
serta sarana prasarana yang mendukung proses belajar peserta didik. Sedangkan
untuk Faktor penghambat dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar meliputi
peran orang tua yang kurang memperhatikan perkembangan belajar peserta didik,
tenaga pendidik yang masih menggunakan mindset lama dan terkesasn tidak ingin
tahu perkembangan belajar peserta didik, serta peserta didik yang masih enggan
untuk mengikuti proses pembelajaran disekolah karena dipengaruhi oleh
klasifikasinya.