dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II UPT SPF SD
Inpres Lae-lae I. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain
penelitian one group pretest-posttest, yaitu tes dilakukan sebanyak dua kali
sebelum (Pre-test) dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan media
kartu kata (Post-test). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 24
orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak enam kali pertemuan. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan dokumentasi. Data
yang diperoleh di analisis juga dengan menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji t (paired sampel t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa ada pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan
membaca permulaan siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Lae-lae I. Hal ini dapat
dilihat berdasarkan hasil uji paired sampel t-test diperoleh nilai signifikansi (2-
tailed) yaitu 0,000. Nilai dari signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari
α (0,000<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa
kelas II UPT SPF SD Inpres Lae-lae I. |
en_US |