Abstract:
Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mengalami pertumbuhan ratarata penumpang dan pergerakan pesawat periode tahun 2014 – 2018
masing-masing 11,35% dan 9,29% per tahun. Oleh karena itu, guna
meningkatkan pelayanan sedang dilakukan pengembangan Bandar Udara
mengacu Rencana Induk Bandar Udara Sultan Hasanuddin diantaranya
adalah gedung parkir untuk roda 4 dengan kapasitas 624 SRP,
sedangkan kapasitas parkir eksisting roda 4 adalah 1.072 SRP. Sehingga
dilakukan pengumpulan data jumlah penumpang jam sibuk, data jumlah
kendaraan dan data durasi parkir tiap kendaraan pada tahun 2018
sebelum dilakukan pengembangan bandara. Dari data tersebut dilakukan
perhitungan kebutuhan ruang parkir pada saat jam sibuk serta
perhitungan ketersediaan dan kebutuhan ruang parkir berdasarkan lama
parkir tiap kendaraan. Sehingga diperoleh kebutuhan ruang parkir pada
jam sibuk sebanyak 1.183 SRP, dan kapasitas yang dibutuhkan
berdasarkan karakteristik lama parkir tiap kendaraan adalah 989 SRP/jam.
Sedangkan yang dikembangkan saat ini adalah 624 SRP dengan
kapasitas berdasarkan karakteristik lama parkir tiap kendaraan adalah 522
SRP./jam. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa
pengembangan tahap 1 tidak mampu melayani kebutuhan parkir pada jam
sibuk, sehingga diperlukan penambahan kapasitas ruang parkir.