Abstract:
Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya
perilaku, persepsi, motivasi, Tindakan secara holistic dan cara deskripsi dalam
bentuk kata-kata dan Bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan
memanfaatkan berbagai metode alamiah, penelitian ini menggunakan desain
penelitian studi kasus, Karena penelitian kualitatif itu luas, maka penelitian ini
difokuskan pada lima anak kelas VI UPT SPF SD Inpres Lae-lae 1. Penelitian ini
mendeskripsikan sesuatu yang berkaitan dengan dampak game online terhadap
motivasi belajar peserta didik. Maka secara metodologi, penelitian ini kategori
penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa
kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Adapun
beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam pengumpulan data agar memperoleh
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil dan pembahasan hasil penelitian tentang analisis aktivitas game
online terhadap motivasi belajar siswa UPT SPF SD Inpres Lae-lae, dapat
disimpulkan bahwa bermain game memiliki tingkat kecanduan yang berbeda-beda
bagi pemain, yaitu: rendah, sedang, dan tinggi. Tingkat kecanduan game online
dapat dilihat dari intensitas anak bermain game. frekuensi bermain game online
yang semakin lama, maka semakin banyak pula dampak game online pada hasil
belajar anak