dc.contributor.author |
MARJUMSARI |
|
dc.date.accessioned |
2023-10-24T08:56:10Z |
|
dc.date.available |
2023-10-24T08:56:10Z |
|
dc.date.issued |
2023 |
|
dc.identifier.other |
4519103039 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8026 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode
inkuiri terbimbing pada pelajaran IPS untuk meningkatkan minat belajar siswa
kelas IV UPT SPF SD Inpres Tamamaung III. Desain penelitian ini adalah
pretest-posttest control group design yang menggunakan dua kelas sebagai
sampel penelitian sebanyak 56 siswa. Kelas eksperimen diberi pembelajaran
dengan metode inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan metode konvensional
(ceramah). Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Data
yang diperoleh di analisis dengan: (1) teknik analisis deskriptif menggunakan
SPSS 25, (2) uji prasyarat yang meliputi: uji normalitas dan uji homogenitas, (3)
uji hipotesis menggunakan uji t (independent sampel test). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan metode inkuiri terbimbing
memiliki minat belajar yang tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat
belajar IPS siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Tamamaung III. |
en_US |
dc.publisher |
UNIVERSITAS BOSOWA |
en_US |
dc.subject |
Metode inkuiri terbimbing |
en_US |
dc.subject |
pelajaran IPS |
en_US |
dc.subject |
minat belajar siswa |
en_US |
dc.title |
PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES TAMAMAUNG III KOTA MAKASSAR |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |