DSpace Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES TAMAMAUNG III KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author MARJUMSARI
dc.date.accessioned 2023-10-24T08:56:10Z
dc.date.available 2023-10-24T08:56:10Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4519103039
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8026
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing pada pelajaran IPS untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Tamamaung III. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design yang menggunakan dua kelas sebagai sampel penelitian sebanyak 56 siswa. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan metode konvensional (ceramah). Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis dengan: (1) teknik analisis deskriptif menggunakan SPSS 25, (2) uji prasyarat yang meliputi: uji normalitas dan uji homogenitas, (3) uji hipotesis menggunakan uji t (independent sampel test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan metode inkuiri terbimbing memiliki minat belajar yang tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Tamamaung III. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Metode inkuiri terbimbing en_US
dc.subject pelajaran IPS en_US
dc.subject minat belajar siswa en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES TAMAMAUNG III KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account