dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan
pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kesu’ Kabupaten Toraja
Utara. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi metode
dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
tematik di kelas V SD Negeri 1 Kesu’ belum terlaksana dengan baik. Hal ini
ditunjukkan pada tahap pelaksaan guru belum membuat pemetaan kompetensi.
Pada tahap pelaksanaan pembelajaran masih terpisah-pisah. Jenis penilaian yang
dilakukan guru adalah penilaian hasil dan proses. |
en_US |