dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dampak
penggunaan handphone terhadap minat belajar siswa di SDN 001 Malabo
Kabupaten Mamasa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex-post facto
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SDN 001 Malabo
sebanyak 152 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 23 siswa. Adapun teknik
pengambilan sampel dengan menggunakan quota sampling. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket (kuesioner) yang dianalisisi
dengan uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan handphone memiliki
dampak positif terhadap minat belajar siswa di SDN 001 Malabo. Hal ini dapat
dilihat berdasarkan dari hasil perhitungan uji regresi linear sederhana dengan
koefisien regresi yang diperoleh yaitu bernilai positif (+), dan nilai signifikansi
yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya bahwa terdapat pengaruh
signifikan penggunaan handphone terhadap minat belajar. Dengan demikian dapat
di simpulkan bahwa ada dampak dari penggunaan handphone terhadap minat
belajar siswa di SDN 001 Malabo Kabupaten Mamasa. |
en_US |