dc.description.abstract |
Prestasi belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan
pembelajaran. Prestasi belajar memiliki banyak faktor dari segi proses
pembelajaran dan faktor individu dari siswa tersebut, salah satu faktor penting
dalam peningkatan prestasi belajar.pemberian tugas dan pemberian penguatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara
pemberian tugas dengan prestasi belajar dan hubungan pemberian penguatan
dengan prestasi belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V di SD Gugus
VI Kecamatan Tallo Kota Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 61 siswa.
Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling, Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan
software Statistikal Package for the Social Sciens (SPSS) versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan significant antara
pemberian tugas terhadap prestasi belajar (p-value 0,001) dan adanya hubungan
signifikan antara pemberian penguatan terhadap prestasi belajar (p-value 0,001). |
en_US |