Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V
SD Inpres Kantisang Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus,
Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)
pengamatan dan 4) refleksi. Masing-masing siklus I dan II dilaksanakan sebanyak
2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Inpres Kantisang
Makassar tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 30 siswa. Data dalam
penelitian ini diperoleh dengan metode observasi dan tes. Data yang di peroleh
dianalisis dengan statistika deskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Ketuntasan siklus II bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran
Role Playing siswa kelas V SD Inpres Kantisang Makassar siklus II sebesar
89,65% atau 26 dari 30 siswa masuk dalam katagori tuntas dan 10,34% atau 4 dari
30 siswa masuk dalam katagori tidak tuntas. Dengan demikian, dapat dikatakan
bahwa tingkat hasil pencapaian KKM siklus II bermain drama dengan
menggunakan model pembelajaran Role Playing telah berhasil atau terjadi
peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia bermain drama dengan menggunakan
model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Inpres Kantisang Makassar
yang disesuaikan KKM sekolah